Nilai-nilai praktis media pembelajaran
menurut Nana Sudjana (1991) adalah sebagai berikut :
1. Menumbuhkan
pemikiran yang teratur dan berkesinambungan
2.
Dengan
media dapat meletakkan dasar-dasar yang nyata untuk berpikir. Karena itu dapat
mengurangi verbalisme
3. Media
dapat meletakkan dasar untuk perkembangan belajar sehingga hasil belajar
bertambah mantap
4.
Memberikan
pengalaman yang nyata dan dapat menumbuhkan kegiatan berusaha sendiri pada
setiap siswa. Pengalaman masing-masing individu yang beragam karena kehidupan
keluarga dan masyarakat sangat menetukan macam pengalaman yang mereka miliki.
Dalam hal ini media dapat mengatasi perbedaan-perbedaan tersebut
5. Memperbesar
minat dan perhatian siswa untuk belajar. Pemasangan gambar di papan bulletin,
pemutaran film dan mendengarkan program audio dapat menimbulkan rangsangan
tertentu kea rah keinginan untuk belajar
6.
Membantu
tumbuhnya pemikiran dan memantau berkembangnya kemampuan berbahasa
7. Memberikan
pengalaman yang tak mudah diperoleh dengan cara lain serta membantu
berkembangnya efisiensi dan pengalaman belajar yang sempurna
8.
Bahan
pengajaran akan lebih jelas maknanya, sehingga dapat dipahami oleh para siswa
dan memungkinkan siswa menguasai tujuan pengajaran lebih baik
9. Metode
mengajar akan lebih bervariasi, tidak semata-mata komunikasi verbal melalui
penuturan kata-kata oleh guru sehingga siswa tidak bosan dan guru tidak kehabisan
tenaga apalagi bila guru mengejar untuk setiap jam pelajaran
10. Siswa lebih banyak melakukan kegiatan
belajar sebab tidak hanya mendengarkan uraian guru tetapi juga aktifitas lain
seperti mengamati, melakukan, mendemonstrasikan dan lain-lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar